Senin, 12 Maret 2018

pertemuan Pramuka oase ke 4

Pertemuan Pramuka Oase # 4

Di pertemuan ke 4,  tepat pada 7 maret 2018 bersama kakak-kakak dari sekala petualang, kita semua belajar di alam, dengan tema "eksplorasi si penghasil oksigen".  Ketika itu ibrahim belajar mengukur tinggi pohon. Apakah kalian tau, bagaimana cara mengukur tinggi pohon yang melebihi tinggi rumah? yaaa, ibrahimpun saat itu belum paham bagaimana caranya..  tetapi  dengan tongkat ajaib yang disediakan oleh kakak mentor, ibrahim bisa mengira tinggi dari pohon tersebut.  bagaimana bentuk dari tongkat tersebut? Tongkat tersebut ada garis-garis nya, panjang tongkat ini kayanya sekitar 100 cm. garis pada tongkat tersebut dibagi menjadi 6 garis, setiap panjang garis sekitar 1/2 jengkal :D.. garisnya selang seling warna biru dan warna putih. ok. sekarang bagaimana cara mengukur tinggi pohon dengan tongkat ajaib ini? ibrahim jelaskan yaa...
1. Pilih 1 pohon yang kamu mau ukur, lalu menjauhlah dari pohon sedikit
2. teruslah mencocokkkan tinggi pohon dengan tingginya tongkat, maksudnya bawah tongkat sama dengan bawah pohon dan atas tongkat sama tinggi dengan atas pohon
3. kalau sudah, mintalah teman untuk menandai salah satu garis yang ada ditongkat ke pohon
4. bila sudah ditandai di pohon, maka ukurlah berapa tinggi dari tanda itu
5. lalu  hasil ukuran ini di "kali dengan jumlah garis di tongkat

contoh: misal tanda di pohon setinggi 2 meter, lalu jumlah garis di tongkat ada 6, jadi 2meter x 6 garis= 12 meter. Jadi kira-kira pohon tersebut tingginya 12 meter.
Hasil gambar untuk gambar buah sukun
 Ibrahim juga belajar bersama teman-teman  mengenal bau tumbuhan. cara membaui tumbuhan, salah satunya adalah dengan cara meremas daunnya. kalau daunnya terlalu bauuuuu, maka bisa kamu buang setelah diremas dan hirup saja aroma daun tersebut yang menempel di telapak tanganmu.





ibrahim melihat ada buah, bentuknya seperti pada gambar disamping, buahnya sudah tua.Ibrahim dan semua teman  berfikir, buah tersebut wangi buah jambu biji. buah ini bernama buah sukun.

Setelah  kami  mengambil data mengenai pohon,daun, akar dan karakteristik dari 2 pohon yang kami amati, kami menulis hasil pengamatan di kertas besar yang sudah disediakan oleh kakak sekala petualang.  Kaysan dan ibrahim menggambar, alev menulis tulisan,  reggi mewarnai, husayn sebelumnya dah bantu ngukur. 
hasil pengamatan sama-sama kita presentasikan didepan teman-teman penggalang oase...


Daaaaan itulah pertemuan ke 4 menurut Ibrahim 

selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar